Merayakan Tahun Baru Ter-Unik Di Berbagai Negara

Menyambut pergantian tahun, banyak sekali yang di lakukan. Di setiap negara tentu memiliki tradisi berbeda-beda untuk merayakannya. Bagi masyarakat Amerika Latin, ada sejumlah 'ritual', beberapa mungkin unik, yang harus dilakukan ada malam menjelang pergantian tahun. Seperti dilansir oleh Fox News Latino, Sabtu (31/12/2011), masyarakat Amerika Latin sangat mematuhi tradisi dan sangat mempercayai takhayul. Bahkan sebagian esar meyakini bahwa apa yang mereka lakukan pada tengah malam menjelang pergantian tahun, akan memberikan dampak besar bagi kehidupan mereka pada tahun berikutnya. Berikut sebagian ritual jelang tahun baru yang dilakukan masyarakat di sejumlah negara kawasan Amerika Latin:
1. Memakan 12 buah anggur tepat pada tengah malam saat pergantian tahun merupakan tradisi terkenal Amerika Latin. Tradisi ini berarti kita mengamankan kebahagiaan kita sepanjang 12 bulan ke depan. Sesegera mungkin saat tengah malam tiba, anggur tersebut dimakan satu persatu hingga 12 buah, 1 buah anggur melambangkan 1 bulan. Terkadang mereka menambahkan 1 buah anggur untuk keberuntungan ekstra.
2. Sebagian besar masyarakat Amerika Latin percaya bahwa mengenakan pakaian dalam warna kuning saat malam tahun baru bisa memberikan keberuntungan bagi mereka selama setahun ke depan. Pakaian dalam warna kuning dinilai mampu membawa kebahagiaan atau uang, tergantung dari negara mana mereka berasal. Sedangkan di negara Amerika Latin lainnya, dipercayai bahwa mengenakan pakaian dalam warna merah pada malam tahun baru akan memberikan keberuntungan juga. Bahkan, pakaian dalam warna merah diyakini bisa membantu mereka menemukan jodoh.
3. Berjalan di sekeliling lingkungan rumah atau berjalan menuruni tangga dengan menenteng koper, memberi arti tersendiri bagi masyarakat Amerika Latin. Karena tradisi ini berarti hidup Anda selama setahun ke depan akan dipenuhi oleh banyak perjalanan. Jadi, jika memang Anda selalu bermimpi untuk berkeliling dunia, mungkin Anda bisa melakukan tradisi ini.
4. Warga Panama merayakan pergantian tahun dengan mengarak 'munecos', yang merupakan boneka seukuran manusia, kemudian membakarnya tepat tengah malam saat pergantian tahun. Tradisi pembakaran ini memiliki makna 'menghapus' penderitaan dan kejahatan yang dialami warga setahun belakangan. Sedangkan negara Paraguay dan Kolombia juga memiliki tradisi nyaris sama. Namun, boneka yang mereka bakar diberi nama 'Ano Nuevo' yang berarti tahun baru. Tradisi ini dimaksudkan untuk menjauhkan nasib buruk.
5. Mengisi cangkir dengan air dan kemudian membuangnya ke halaman depan rumah. Tradisi ini dimaksudkan untuk mengurangi air mata atau kesedihan dalam setahun ke depan. Sedangkan warga Puerto Rico meyakini bahwa melemparkan air satu ember keluar dari jendela akan membersihkan keburukan di masa lalu. Lain halnya dengan di beberapa bagian di Kolombia yang meyakini bahwa sepanci air melewati kepala berarti menghapus semua nasib buruk.
6. Sejumlah warga Amerika Latin meyakini dengan menggenggam uang tunai di tangan atau di kantung tepat ketika pergantian tahun berlangsung, bisa memberikan kesuksesan finansial di masa mendatang. Siapa yang melakukan tradisi ini, dipercayai akan bisa meraup banyak uang. Sedangkan tradisi lainnya, yakni melemparkan uang koin ke sisi jalan, juga dipercaya mampu memberi keberuntungan finansial di tahun baru.
7. Warga Brasil meyakini akan mendapat kemakmuran sepanjang tahun, hanya dengan melompat ke dalam laut sebanyak 7 kali dan melemparkan bunga ke laut. Negara Amerika Latin lainnya juga mempercayai dengan berenang di kolam ataupun di lautan akan menghapus roh jahat.
8. Sejumlah warga Chili senang untuk merayakan tahun baru 'bersama-sama' dengan mereka yang telah tiada. Warga memilih menghabiskan waktu di kuburan sejak sore, mereka duduk terdiam dan menunggu hingga pergantian tahun terjadi.
9. Bersih-bersih rumah dan menyapu kotoran rumah saat malam tahun baru diyakini warga Amerika Latin bisa 'membersihkan' rumah dari roh-roh jahat. Tradisi ini berarti memulai tahun baru dengan energi positif. Namun, warga Republik Dominika mempercayai hal sebaliknya. Mereka meyakini jika menyapu dan membersihkan rumah dari kotoran pada malam tahun baru justru akan 'membuang' keberuntungan.
10. Di sebagian wilayah Spanyol, warga percaya memanggang roti, terutama dengan bentuk cincin, saat tahun baru bisa membawa keberuntungan. Asalkan, roti tersebut dipotong tepat saat pergantian tahun. Meskipun tradisi ataupun ritual tahun baru yang harus mereka lakukan cenderung konyol dan tidak masuk akal, mereka senantiasa melakukannya. Bahkan sebagian besar tradisi tersebut masih dipraktekkan oleh warga Amerika Latin yang tinggal di luar negeri, seperti Amerika Serikat (AS) dan sebagainya. Karena mereka meyakini jika 'ritual' tersebut diabaikan, maka akan memberikan peruntungan buruk bagi mereka di sepanjang tahun.

Sumber : http://www.jurnaldunia.com/2011/12/inilah-cara-merayakan-tahun-baru-ter.html
Share this video :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. akunabihahaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger